Heboh, Kapolres Bungo Naik Ke Kubah Masjid Al- Munawwarah. Ada Apa,?

Senin, 11 Oktober 2021 | 20:40:11 WIB

BUNGOINDEPENDENT.COM, MUARABUNGO - Senin Sore (22/20/2021), sekitar pukul16.45 WIB , warga Tanjung Gedang , Kelurahan Tanjung Gedang, Kecamatan Pasar Muara Bungo dan sekitarnya dihebohkan penampakan Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro S.IK,MH, yang berada di atas kubah masjid Al-munawwarah. 

Usut punya usut, rupanya kehadiran Kapolres berseragam lengkap yang mengunakan kopiah putih, rupanya tengah mendalami sejarah masjid pertama kali di bangun dibumi langkah Serentak Limbai Seayung di Kabupaten Bungo. Sekaligus ingin melihat langsung renovasi masjid yang tengah dilakukan.

Namun, aksi nekatnya menyita perhatian warga setempat juga membuat  tukang bangunan yang tengah bekerja terkejut.  Mereka juga tampak terkejut dan berteriak mengingat Kapolres agar berhati-hati agar tidak terjatuh.

" Ada apa pak, hati-hati pak. Ini sangat tinggi. Penganggan pak," ujar  Saiman,  Tukang tengah bekerja.

" Tenang pak, lanjut pak kerjanya. Saya ingin melihat saja dan ingin mengenali sejarah Bungo," jawab Kapolres. 

Keduanya nya tampak ngobrol santai di kubah masjid. Saiman mengakui dirinya dipercaya melakukan renovasi kubah,  mengembalikan bentuk ke sedia kala. Saat ini, sudah hari ke 40 hari dirinya bersama temannya bekerja .

" Kita kerja dengan upah harian pak, sehari diupah Rp 150 ribu," ungkap Saiman menjawab pertanyaan Kapolres.

Diakui Saiman, dirinya sangat bersyukur ditengah pandemi Covid-19 masih diberikan pekerjaan dan mendapatkan  Rizki Yang halal melakukan renovasi masjid.

" Kita bersyukur dan menikmati pekerjaan seperti ini pak. Bekerja ikhlas untuk memperbaiki rumah Allah ini, semoga menjadi ladang amal. Kalau upah kita nomor duakan pak," ungkap Saiman dengan nada lembut dan membuat Kapolres terharu.

Kapolres menyarankan agar pak Saiman lebih berhati-hati, serta mengucapkan terima kasih. Kapolres juga sempat photo Selfi dengan pak Saiaman dipuncak kubah masjid. 

Kepada pak Saiman, Kapolres mengakui dan menceritakan sudah mengetahui sejarah masjid Tanjung gendang yang dibangun pada Tahun 1941 silam tersebut. Berharap kepada masyarakat  setempat terus menjaga keaslian bangunan  masjid. Lalu melestarikan sejarah pembangunan masjid kepada generasi muda. 

Sebagai pecinta sejarah, Kapolres bercerita kepada warga setempat saat sampai dihalaman masjid. Bahwa dirinya sudah   mengetahui sejarah berdirinya masjid Al -Munawwarah, masjid pertama yang menjadi saksi perkembangan islam di Kabupaten Bungo.

" Dalam sejarah,  Tanjung Gedang Merupakan pelabuhan tempat persinggahan. Berkembang nya Islam Maka dibangun masjid sekitar tahun 1941. Terlihat gaya arsitektur abad ke 20 kini masih tegak kokoh. Patut menjadi sebuah kebanggan yang harus dipertahankan, " Fungkas Kapolres, membuat warga tercengang.(abu/bi/red)






BERITA BERIKUTNYA

loading...