Gawat, Pagar Bandara Muarabungo Runtuh Akibat PETI

Selasa, 05 Oktober 2021 | 17:21:12 WIB

BUNGOINDEPENDENT.COM, MUARABUNGO - Ulah kegiatan  Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di kawasan Bandara Muara Bungo membuat pagar bandara ambruk. Dari pantauan di lapangan pagar yang runtuh itu lebih kurang sepanjang 5 meter.

Kepala Bandara Muara Bungo, Sigit saat ditemui mengakui, ia menyebutkan penyebab dari ambruknya pagar sepanjang 5 meter ulah dari kegiatan PETI.

Tak hanya itu, lahan milik Bandara yang berada di luar pagar juga sudah habis dihancurkan oleh para penambang illegal tersebut. 

"Bandara masih memiliki tanah sebanyak 450 meter di luar pagar. Itupun sudah hancur digarap PETI," ujar Kepala Bandara, Sigit Senin (4/10).

Ia mengatakan aktivitas pertambangan illegal yang ada disekitar Bandara sangat mengganggu keamanan dan proses penerbangan.

Hal itu diakui Sigit telah berulang kali ia sampaikan ke pemerintah daerah dan unsur Forkompinda untuk menertibkan kegiatan illegal tersebut.

Namun, sampai saat ini kegiatan tersebut tetap terus beroperasi tanpa henti meski sudah dilakukan razia oleh aparat.

"Kita diuntungkan juga dengan adanya Covid-19 sehingga tidak ada penerbangan. Kalo saja Bandara ini aktif, itu (PETI) sangat menggangu," tambah Sigit. (abu)






BERITA BERIKUTNYA

loading...