Dusun Pulau Batu Bersih dan Indah Sejak Perdus Penertiban Hewan Ternak

Rabu, 28 Juli 2021 | 14:56:38 WIB

BUNGOINDEPENDENT.COM, MUARABUNGO - Dusun Pulau Batu Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo satu-satu nya dusun yang menerapkan perdus tentang hewan ternak.

Kebijakan Pemerintah Dusun Pulau Batu ini adalah bentuk keseriusan melakukan upaya penegakan peraturan daerah atau Perda tentang penertiban ternak. Hebatnya, aturan itu memperoleh dukungan dari masyarakat.  Bahkan itu sudah berjalan selama tiga tahun terakhir.

Rio Pulau Batu M.Amin mengatakan, Perdus tentang penertiban hewan ternak yang diterapkan di dusunya itu berawal dari banyaknya keluhan masyarakat ternak liar seperti sapi dan kambing yang kerap merusak tanaman di pekarangan atau ladang milik warga.

Nah, sebagai solusi dari keluhan masyarakatnya itu, Rio, perangkat, ninik mamak serta masyarakat menggelar musyawarah membahas solusi terbaik atas keluhan tersebut.

"Kami juga sudah mengirim surat pada Rio tetangga  agar masyarakatnya yang punya ternak menjaga ternaknya. Yaitu bersama-sama mentaati peraturan dusun yang sama-sama dibuat,"ungkap M.Amin.

Pantauan media ini memang tidak terlihat lagi hewan ternak peliharaan seperti kambing dan sapi termasuk kerbau berkeliaran di tengah dusun. Sebagian masyarakat sudah banyak yang menanam sayuran di perkarangan rumah. Dusun pun sudah bersih dari kotoran ternak.(bi/azh)






BERITA BERIKUTNYA

loading...