Warga Salat Ied dan Sembelih Hewan Kurban dengan Prokes Covid-19

Rabu, 21 Juli 2021 | 10:57:11 WIB

Proses pembagian hewan kurban di Dusun Tanjung Belit, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo.
Proses pembagian hewan kurban di Dusun Tanjung Belit, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo.

BUNGOINDEPENDENT.COM, JUJUHAN – Serangkaian ibadah Hari raya idul adha di Kecamatan Jujuhan dan Jujuhan Ilir berjalan dengan khitmat. Meski di tengah pandemic covid-19, para warga tetap menjalankan ibadah sebagaimana seharusnya. Namun tetap mematuhi protocol kesehatan.

Hal ini berdasarkan pantauan di sejumlah tempat ibadah dan lokasi penyembelihan hewabn kurban. Panitia dan warga tetap mentaati protocol kesehatan covid-19. 

Dusun Tanjung Belit Kecamatan Jujuhan misalnya. Panitia salat ied dan penyembelihan hewan kurban memberikan arahan agar melaksanakan dua serangkaian ibadah itu berjalan sesuai protocol kesehatan.

Ibadah salat Ied di Tanjung Belit mematuhi protokol kesehatan digelar di dua tampat. Yaitu di Mesjid Nurul Yaqin bertindak sebagai imam Husin dan khotib Abubakar. Lalu juga digelar di Kampung Tebat tepatnya di masjid raya kampung Tebat bertindak sebagai imam Abdul Muis.

Setelah melaksanakan sholat idul adha masyarakat yang berkurban melakukan penyembilahan hewan kurban di tempat yang telah di sediakan oleh pihak panitia atau pengurus dusun. Penyembelihan juga dengan prokes covid-19.

Untuk Tanjung Belit data yang di peroleh media ini dari warga hewan kurban terdiri dari 2 ekor kerbau, 4 ekor sapi dan 1 ekor sapi dari PT KIM, termasuk kambing dari PT KIM dan CK.

Sedangkan di Kampung Tebat terdapat tiga ekor sapi, 1 dari PT KIM dan CK.

“Untuk tahun ini kita masih ada menerima daging kurban walau dalam kondisi pandemik covid-19 masih bisa masyarakat berkurban. Kita berharap pandemic covid-19 ini bisa berlalu. Ekonomi bisa pulih kembali," ucap Ridwan selaku kepala Kampung Suko Menanti Tanjung Belit.

Disamping itu Dusun Rantau Ikil baik salat ied maupun penyembelihan hewan kurban juga dengan protokol kesehatan. Di Dusun ini terdapat 20 ekor sapi dan 1 kambing yang disembelih. Kondisi yang sama juga terjadi di Dusun Sirih Sekapur, salat ied dan penyembelihan hewan kurban dengan prokes covid-19. Terdapat 12 ekor sapi dari perusahaan dan masyarakat yang dimsembelih di Sirih Sekapur.

“Kami sangat berterimakasih pada perusahaan yang telah menyumbangkan bantuan hewan kurban untuk masyarakat, sehingga bisa terbantu masyarakat dalam merayakan hari raya idul adha," ujar Supriadi Rio Sirih Sekapur.(bi/azh)






BERITA BERIKUTNYA

loading...