Haris-Sani Gubernur Jambi

Jumat, 04 Juni 2021 | 10:27:12 WIB

BUNGOINDEPENDENT.COM, JAMBI - Langkah pasangan Al Haris-Abdullah Sani memimpin Provinsi Jambi, tak terbendung lagi. Pasca pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Suara Ulang (PSU) tingkat Provinsi, Kamis (3/6) siang, pasangan Haris-Sani mendapatkan suara terbanyak, baik di PSU, maupun setelah diakumulasikan dengan perolehan suara di Pilgub Jambi 9 Desember lalu.

Pasangan calon gubernur Nomor urut 1, Cek Endra-Ratu Munawaroh, yang menggugat KPU Provinsi Jambi atas hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Desember 2020, menerima hasil akhir tersebut. Pihak CE-Ratu, dipastikan tidak akan mengajukan gugatan lagi.

Hal ini disampaikan saksi pasangan calon gubernur Cek Endra-Ratu, Yuskandar. "Kami dari paslon nomor urut satu dengan ini menerima hasil Pilgub Jambi," kata dia. Lanjutnya, sebenarnya pihaknya bisa melakukan gugatan kembali ke Mahkamah Konstitusi. Namun kalau ada gugatan lagi, maka Pilgub Jambi tidak akan selesai.

"Memang berat menerima hasil Pilgub Jambi, maka dengan ini saya mengucapkan terimakasih dan mohon maaf kalau ada kekurangan," tandasnya. Rekapitulasi sendiri, dilaksanakan di Hotel Odua Weston Kota Jambi. Dihadiri perwakilan dari ketiga Paslon, KPU, Bawaslu dan sejumlah instansi lainnya.

Dari rekapitulasi yang dilaksanakan hingga siang itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi mengumumkan pasangan calon Haris-Sani mendapatkan suara terbanyak, setelah PSU. "Alhamdulillah dari hasil rekapitulasi ini, semua pasangan calon menerima hasilnya," kata Subhan Ketua KPU Provinsi Jambi.

Dari rapat pleno rekapitulasI penghitungan suara tersebut, pasangan Haris-Sani meraih suara sebanyak 600.733 suara, sementara Cek Endra dan Ratu Munawaroh sebanyak 581.918 suara, serta Fachrori-Syafril 381.634 suara.

Ditanya kapan penetapan Gubernur dan wakil gubernur terpilih, Subhan mengatakan pihaknya akan melapor terlebih dahulu ke KPU RI. Akan disampaikan bahwa rekapitulasi telah dilaksanakan dan mendapatkan hasil, serta semua pihak khususnya pasangan nomor urut 01, CE-Ratu telah menerima hasil tersebut.

"Kemungkinan tiga hari setelah ini, tiga hari kerja. Prosedurnya seperti itu, menunggu tiga hari," papar Subhan.  Sementara itu, ketua tim koalisi Haris - Sani, Bakri menyebutkan, kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Jambi, yang akan memiliki gubernur baru. Pihaknya juga mengapresiasi bahwa Paslon lainnya sudah legowo dan menerima hasil.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kapolda, Danrem, dan seluruh elemen yang sudah mendukung terselenggaranya Pilgub Jambi ini. Setelah ini, kita tinggal mengawasi dan meminta apa janji-janji kandidat, untuk dipenuhi. Kami butuh pengawasan dari semua pihak," tandasnya. (ji/bi/red/enn)






BERITA BERIKUTNYA

loading...