Bawaslu Tanjabtim Tunggu Keputusan DKPP

Rabu, 10 Maret 2021 | 10:35:59 WIB

DISIDANG : Samsedi, Ketua Bawaslu Tanjabtim dalam sebuah acara
DISIDANG : Samsedi, Ketua Bawaslu Tanjabtim dalam sebuah acara

BUNGOINDEPENDENT.COM, MUARASABAK - Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Samsedi, telah  menjalani sidang etik tahap pertama oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Sidang tersebut digelar di Bawaslu Provinsi Jambi, Jumat (5/3) lalu, dipimpin langsung oleh Prof. Muhammad, Ketua DKPP RI.

Samsedi disidang atas laporan yang dilayangkan Ritas Mairiyanto, selaku Tim Pemenangan 03 Al Haris - Abdullah Sani. Dilaporkannya Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjabtim tersebut ke DKPP, berawal dari kasus tidak ditindaklanjutinya laporan dugaan kampanye di masa tenang. Namun, ini semua berimbas dengan dalih tidak profesionalnya Ketua Bawaslu sebagai pejabat publik.

"Betul kami telah mendapatkan undangan dari DKPP. Ketua kami (red, Samsedi) telah menghadiri sidang etik DKPP. Dalam sidang tersebut, beliau telah menjawab pertanyaan secara kooperatif dari pihak DKPP," ujar Humas Bawaslu Kabupaten Tanjabtim, Joni, saat ditemui awak media.

Pihak Bawaslu berdalih, telah menyampaikan keterangan berdasarkan apa yang ada di lapangan. Hanya saja, pihaknya masih menunggu keputusan lanjutan resmi dari majelis sidang.

"Kalau kelanjutan sidang, kami masih menunggu keputusan selanjutnya dari tim majelis sidang seperti apa. Yang jelas beliau sudah menyampaikan keterangan," ungkapnya.

Sebelumnya, awal laporan tersebut masuk ke Bawaslu Provinsi Jambi. Selanjutnya oleh Bawaslu Provinsi dilimpahkan ke Bawaslu Kabupaten Tanjabtim karena lokasi tindak perkara di wilayah setempat.

Berkas laporan dugaan pelanggaran kampanye tersebut telah masuk ke tim sentra Gakkumdu Kabupaten Tanjabtim, untuk tahap penyidikan. Hanya saja saat dalam penyidikan, berkas tersebut dinyatakan tidak memenuhi unsur dan membuat persoalan ini kembali mengemuka. (ji/pan/enn/bi)






BERITA BERIKUTNYA

loading...